Cara mudah belajar memainkan gitar

Setiap orang yang baru belajar bermain gitar pasti ingin cepat bias mengiringi sebuah lagu.  Biasanya, mereka enggan mempelajari teori bermain gitar yang rumit dan membingungkan serta memakan waktu yang cukup lama untuk memahaminya. Nah! Ini cara praktis mempelajari dan memainkan akor gitar.

Gitar digunakan untuk mengiringi lagu dan memainkan melodi lagu. Biasanya gitar dimainkan dg digenjreng tp klo main melodi , gitar dimnainkan dengan hanya dipetik . Dalam memainkan gitar, sang gitaris tidak dituntut harus dg gaya tertentu, yang penting maininnya relax aja. Yang terpenting dalam memainkan gitar adalah KEHARMONISAN antara jari kanan dengan yang kiri.

a.Senar gitar

Gitar mempunyai 6 senar yang berurutan dari bawah ke atas. Senar yang paling bawah disebut senar no.1 dan yang paling atas dan paling besar disebut senar no.6.

b.Menyetem gitar

1.Senar no 6 harus mendapatkan nadaE (dapat menggunakan tuner,modulator/manyamakan dengan gitar yang sudah disetem)

2.senar no.5 harus menghasilkan nada A caranya dengan menyamakan nada senar no 5 dengan no 6 yang ditekan pada fret 5.

3.Caranya sama dengan diatas Cuma senarnya aja yang beda, fretnya masih sama

4.Caranya sama dengan diatas Cuma senarnya aja yang beda ,fretnya masih sama

5.Senar no 2 harus menghasilkan nada B caranya menyamakan nada senar no 2 dengan no 3 yang ditekan di fret ke 4

6.Caranya sama dengan  cara no.3

*fret= papan tekan yang dibagi  menjadi beberapa bagian

c.teknik menekan senar

senar ditekan menggunakan seluruh jari kecuali jempol. Telunjuk disebut jari  no1 terus sampai kelingking yang no.4

d.teknik menggenjreng (ritmik)

biasanya menggunakan jari tapi ada yang menggunakan alat yang disebut pick.  Pada teknik menggunakan jari  biasanya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Kedua jari tersebut diayunkan scara rileks dan lentur pada senar gitar sesuai akor yang dimainkan(arahnya bias dari atas kebawah/memutar)

e.memainkan akor

Akor adalah beberapa nada yang dibunyikan bersama”. Pada dasarnya akor gitar ada 2 jenis yaitu akor mayor dan akor minor.

f.bentuk” akor

2.Akor minor

1.Akor mayor

3 pemikiran pada “Cara mudah belajar memainkan gitar

  1. saya sudah lama blajr maen tapi tetap bingung (kurang bisa) mengiringi orang menyanyi, dan mencari acord lagu hanya dngan mendengarkan lagu trsbut, jdi tiap kli mau manggung saya hanya mempelajari lagu dri tablature nya, tlong dong tipsnya….thanksss be4.

    • hho… sering” latihan, saya juga masih latihan kok hhe…(bagian melodi), trus coba saja mengiringi diri sendiri menyanyi byar sudah siap untuk mengiringi orang menyanyi dan memainkan gitar itu harus dengan perasaan agar kita lebih menjiwai dan makin pol rasanya saat memainkannya dan harus selalu SEMANGAT!!!

Tinggalkan komentar