Ginjal

Ginjal merupakan alat penyaring darah yang bentuknya seperti kacang. Ginjal pada kacang terdiri atas 2 buah. Panjang ginjal antara 10 sampai 15 cm, beratnya lebih kurang 200 gram, terletak didalam rongga perut bagian belakang agak ke atas  dan di dekat tulang belakang. Kedudukan ginjal sebelah kiri lebih tinggi dari ginjal sebelah kanan karena tepat diatas ginjal kanan terdapat hati yang banyak menempati ruang.

Ginjal menyaring darah sebanyak 1500 iter perhari, sehingga ada beberapa zat yang harus dibuang melalui zat pemngeluaran. Tahukah kamu zat-zat apa saja yang dibuang melalui ginjal? Urea, ammonia, dan air dibuang melalui gnjal beberapa urine. Urin yang dihasilkan dalam waktu 1 hari lebih kurang 1,5 liter. Apa yang kamu ketahui tentang urea, ammonia, dan air? Berikut penjelasannya:

  • Urea

Urea dibentuk oleh hati dari protein yang tidak diperlukan darah. Urea terdirir dari atas zat nitrogen yang beracun bagi darah sehingga harus dibuang. Proses pembuangan ini disebut ekskresi.

  • Ammonia

Ammonia merupakan hasil dari peromabkana protein. Senyawa ini berbahaya bagi tubuh sehingga harus dikeluarkan secara teratur melalui proses ekskresi.

  • Air

Air sangat penting dalam proses metabolism tubuh, tapi jika jumlah air terlalu berlebih akan membuat konsentrasi darah menjadi tidak konstan. Untuk itu, kelebihan air harus dibuang supaya keseimbangan konsentrasi darah terjaga. Proses ini disebut dengan osmoregulasi,

Ginjal terbungkus oleh seaput tipis yang disebut kapsula renalis yang terdiri atas jaringan fibrus. Ginjal terbagi menjadi 3 bagian. Bagian luar ginjal adalah kulit ginjal atau korteks renalis, bagian kedua adalah sumsum ginjal atau medulla, dan bagian yang ketiga adalah berupa rongga ginjal atau renalis.

  • Kulit ginjal

Kulit gijal disebut dengan  korteks renalis. Koreks renalis tersusun dari sel-sel ginjal atau nefron yang berjumlah kurang lebih 1 juta sel. Di dalam kulit ginjal terdapat badan malphigi yang terdiri atas lomerelus dan kapsula bowman. Tahukah dikau yang dimaksud dengan glomerelus dan  kapsula bowman? Glomerelus adalah kumpulan cabang-cabang yang halus/anyaman pembuluh darah kapiler di bagian korteks, sedangkan kapsula bowman adalah lapisan yang melingkupi glomerelus, bentuknya seperti cawan dan berdinding ganda. Di korteks terjadi proses penyaringan darah.

  • Sumsum ginjal

 

Sumsum ginjal disebut dengan medulla. Medulla berbenuk kerucut atau renal pyramid. Medulla merupakan tempat berkumpulnya pembuluh darah apiler dari kapsula bowman. Di dalam medulla akan terjadi proses reabsorbsi dan augmentasi oleh tubulus proksimal dan tubulus distal. Lengkung henle juga merupakan bagian dari yang menghubungkan tubulus proksimal dengan tubulus distal.

Tahukah kamu proses pembentukan urin??? Pembentukan urin terjadi di ginjal. Proses pembentukan urine adalah sebagai berikut

  1. Darah yang membawa sisa metabolisme protein akan masuk ke ginjal melalui pembuluh darah menuju glomerelus.
  2. Didalam glomerelus terjadi peristiwa penyaringan terhadap zat-zat yang terlarut dalam darah. Zat-zat yang dapat melewati saringan glomerelus adalah zat-zat yang bermolekul kecil, seperti air,garam, ammonia, urea, dan gula, maka zat-zat tersebut disebut dengan filtraglomerulus.
  3. Filtraglomerulus masuk ke kapsula bowman dan ditampung. Kemudian filtraglomerulus tersebut akan diteruskan ke tubulus proksimal.
  4. Didalam tubulus proksimal akan terjadi penyerapan kembali terhadap zat-zat yang masih diperlukan yaitu air, garam, dan gula. Sedangkan zat-zat lainnya yang tidak diserap/tidak dapat diserap akan menjadi urine primer.
  5. Urin primer masuk kedalam tubulus distal dan akan terjadi augmentasi(penambahan zat-zat yang tidak diperlukan ke dalam urin primer sehingga menjadi urin sekunder. Urin sekunder adalah urin sesungguhnya.
  6. Urin sekunder ditampung di tubulus kolekta, keudian diteruskan ke uriter dan kemudian ditampung kembali  di kantung kemih  sebelum dikeluarkan kembali oleh tubuh lelalui uretra.

Pernahkah kamu berpikir bahwa urin yang kamu keluarkan tiap hari menganung zat sisa metabolism.  Zat apakah yang terkandung dalam urin? Urin orang sehat dan sakit mempunyai kandungan yang berbeda. Pada orang sehat kandungan urin adalah sebagai berikut:

  1. Air 95%
  2. Urea, ammonia, dan asam ureat yang merupakan hasil metabolism protein
  3. Garam-garam mineral terutama natrium clorida
  4. Zat warna empedu( bilirubin dan biliverding) yang menyebabkan urin berwarna kuning
  5. Zat-zat yang berlebihan dalam darah seperti hormone dan vitamin

Pada orang sakit, urin bias digunakan sebagai indicator terjadinya gangguan didalam tubuh. Karena setiap zat yang tidak digunakan oleh sel dibuang melalui urin. Jika didalm urin terdapat zat-zat yang masih berguna, ini berarti adanya kerusakan pada glomerelus atau tubulus. Kerusakan tersebut jua bias menyebabkan zat-zat racun akan kembali masuk kedalam tubuh.

8 pemikiran pada “Ginjal

    1. THAT’S RIGT…. /;…………………………………………………….

      HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAHA………………………………..

      OOOOOOOOOOOOOOOOKKKKKKKKKKKKKKKKKkkk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s