SEJARAH PERKEMBANGAN BIOLOGI

                 Uraian berikut akan mencoba menjelaskan perkembangan biologi, terutama di eropa. Pada abad pertengahan, masyarakat eropa percaya terhadap hal-hal mistik dan supranatural yang menghalangi untuk mengetahui permasalahan sebenarnya yang terjadi di masyarakat. Dengan adanya renaisans, para ilmuwan mulai menghancurkan belenggu tersebut dan meraih ide-ide inovatif.

                Pada awal 1600 ditemukan mikroskop cahaya berlenda tunggal oleh ANTONIE van LEEUWENHOEK. Penemuan tersebut telah membantu munculnya berbagai penemuan biologi lainnya. Pada abad ke-18 terjadi proses vaksinasi yang pertama kali dilakukan oleh EDWARD JENNER (inggris) terhadap anak penderita cacar. Pada abad tersebut juga, LOUIS PASTEUR (prancis) telah mengembangkan bakteriologi. ROBERT KOCH (jerman)  menemukan metode pengembangbiakan bakteri di laboratorium yang penting untuk penelitian penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Dalam perkembangannya, biologi selalu berhubungan dengan ilmu pengetahuan lain, seperti matematika, fisika, kimia, ekonomi, dan geografi.

Satu pemikiran pada “SEJARAH PERKEMBANGAN BIOLOGI

  1. Ping-balik: Sejarah Ilmu Biologi di Barat | Febrina Rakhmi Site's

Tinggalkan komentar