PENGERTIAN DAN TUJUAN DARI POLITIK LUAR NEGRI INDONESIA(POLITIK BEBAS AKTIF)

-PENGERTIAN

Berikut beberapa pendapat mengenai pengertian dari  POLITIK BEBAS AKTIF REPUBLIK INDONESIA

1.A.W WIJAYA merumuskan

Bebas berarti tdk terikat oleh suatu ideology/ oleh siapapun/ apapun. Aktif artinya dg sumbangan realistis giat mengembangkan kebebasan persahabatan dan kerjasama Internasional dg menghormati kedaulatan Negara lain.

2.Mochtar Kusumaatja merumuskan bebas aktif sbg berikut:

Bebas: Indonesia tidak memihak pada kekuatan-kekuatan yang pada dasarnya tidak sesuai dg kepribadian bangsa sebagaimana dicerminkan dalam Pancasila.

Aktif: Di dalam menjalankan kebijaksanaan luar negrinya  Indonesia tidak bersifat pasif-reaktif atas kejadian-kejadian Internasionalnya melainkan bersifat aktif.

3.B.A. Urbani menguraikan pengertian bebas aktif sbg berikut:

Berkebebasan  politik untuk menentukan dan menyatakan pendapat sendiri, terhadap tiap-tiap persoalan Internasional sesuai dengan nilainya masing-masing tanpa apriori memihak kepada suatu blok.

-TUJUAN

Di dalam dokumen yg berhasil disusun oleh pemerintah yang di dalam rencana strategi politik luar negri Indonesia(1984-1989) antara lain dinyatakan bahwa politik luar negri suatu Negara hakekatnya merupakan salah 1 sarana untuk mencapai kepentingan nasional. Sedangkan di Indonesia, jika dicermati, rumus pokok kepentingan nasional itu dapat dicari dalam Alenia IV PEMBUKAAN UUD 1945, yaitu bahwa bangsa Indonesia diamanatkan untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang menyenggelarakan 4 fungsi sbg berikut:

1.Fungsi HANKAM

2.FUNGSI EKONOMI

3.FUNGSI SOSIAL

4. FUNGSI POLITIK

3 pemikiran pada “PENGERTIAN DAN TUJUAN DARI POLITIK LUAR NEGRI INDONESIA(POLITIK BEBAS AKTIF)

Tinggalkan komentar